Kandungan Gizi Dibalik Kelezatan Kepiting

Kandungan Gizi Dibalik Kelezatan Kepiting

Bouttface.com
- Bagi para penikmat seafood atau hidangan laut, hidangan olahan daging kepiting selalu menjadi menu wajib yang tak boleh terlewatkan kala mampir ke restoran yang menyajikan seafood sebagai menu utamanya. Bagaimana tidak? Daging dari hewan bercapit yang masuk kedalam keluarga crustacean ini memang lezat karena bercita rasa manis dengan teksture lembutnya yang pas. Namun, alasan untuk menikmati daging si hewan bercapit ini tak berhenti sampai disitu lho, grils. Sebab, dibalik rasanya yang menggugah selera, kandungan gizi pada daging kepiting juga menyehatkan. 

Penasaran kandungan gizi apa saja yang terdapat pada daging hewan bercapit ini? Berikut selengkapnya:

1. Protein

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Centers For Disease Control and Prevention, protein menjadi kandungan gizi utama yang menjadi alasan mengapa daging hewan ini patut dikonsumsi. Sekedar info, untuk memenuhi kadar protein harian yang diperlukan tubuh sebanyak 46 gram untuk perempuan dan 56 gram untuk pria, daging kepiting adalah sumber yang baik.

Protein yang terkandung dalam tiap 3 ons daging hewan ini mencapai 16.45 gram, atau sekitar sepertiga dari jumlah yang dibutuhkan pria dan perempuan setiap harinya.

2. Sodium dan Kolestrol

Kandungan gizi selanjutnya dalam hewan ini yang membuatnya layak dikonsumsi adalah sodium dan kolestrol, per 100 gram daging hewan ini diketahui mengandung 911 mg sodium dan 45 mg kolestrol.

Sekedar informasi, kadar maksimal asupan sodium untuk orang dewasa yang sehat adalah sekitar 2300 mg per hari, sedangkan kolestrol maksimal 1500 mg per hari. 

3. Vitamin B12

Selain dua kandungan gizi diatas, daging kepiting juga mengandung vitamin B12 yang penting untuk melancarkan produksi sel darah merah bagi tubuh, meningkatkan performa otak, serta menekan risiko penyakit kardiovaskuler. Karenanya, kebutuhan tubuh akan vitamin ini harus terpenuhi, minimal 2,4 mikrogram per hari.

Sebagai perbandingan, per 100 gram daging kepiting akan menyuplai 9,78 mikrogram Vitamin B12 untu kita. 

1 Komentar

  1. Kami sekeluarga suka makan kepiting. Tapi takut kolesterol. Kandungan lolesterol dalam kepiting apakah kolesterol baik atau kolesterol buruk? Terima kasih telah berbagi ananda Srie. Aaf telat berkunjung.

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama