Hal Ini Lho Yang Bisa Menyebabkan Imsomnia

Faktor penyebab imsomnia

Bouttface.com - Grils, imsomnia merupakan gangguan susah tidur yang dialami oleh seseorang. Ada beberapa faktor penyebab imsomnia. Apa saja faktornya? Berikut adalah ulasanya.

Stress

Stress disinyalir sebagai faktor nomor satu penyebab timbulnya imsomnia yang dialami oleh seseorang.  

Stress bisa muncul pada diri seseorang karena beberapa faktor extern seperti faktor pekerjaan, keluarga, kesehatan, dan masih banyak penyebab stress lainya. 

Pada intinya stress ini timbul karena otak berfikir terus tanpa henti sehingga otak tidak bisa istirahat dan efeknya penderita imsomnia pun tidak dapat memejamkan matanya. 

Depresi

Sebenarnya pengertian depresi hampir sama dengan kecemasan. Dan keduanya adalah penyebab timbulnya imsomnia atau gangguan tidur. Depresi dapat diatasi tergantung dengan level depresi yang dialami. 

Depresi ringan bisa diatasi dengan me-refresh pikiran seperti refreshing bersama keluarga ataupun melakukan hal-hal yang disukai. Berbeda dengan depresi ringan, depresi berat perlu adanya bantuan dari psikologi untuk membantu mengatasi gangguan depresi yang diderita seseorang.

Sering berkonsultasi dengan psikologi adalah satu-satunya solusi yang tepat bagi siapapun yang menderita depresi berat. Dengan demikian depresi pun akan hilang dan tidur pun akan nyenyak.

Kecemasan

Selain stress dan depresi, kecemasan juga ikut andil dalam menyebabkan gangguan tidur atau sering disebut sebagai imsomnia. Seseorang yang mengalami kecemasan serius, tubuh dan otak akan menolak untuk beristirahat. Hal ini menyebabkan yang bersangkutan mengalami kesulitan tidur. Segera hilangkan kecemasan kamu jika kamu menginginkan tidur yang berkualitas.

Makanan dan Minuman

Ada beberapa jenis makanan dan minuman penyebab imsomnia. Kelompok minuman yang dapat menyebabkan susah tidur antara lain, minuman yang mengandung cafein, minuman bersoda, dan alkohol. 

Sedangkan kelompok makanan yang disinyalir sebagai penyebab imsomnia adalah makanan yang tinggi protein, makanan yang menghasilkan gas, makanan manis, makanan cepat saji atau fast food, dan makanan kemasan. 

Perubahan Kerja

Adanya perubahan jadwal kerja juga dapat menyebabkan munculnya gejala imsomnia. Maka dari itu seseorang yang mendapati dirinya mempunyai perubahan jadwal kerja, sebaiknya segera memenej waktu sedemikian rupa agar kamu dapat membagi waktu kerja dan waktu untuk keluarga serta waktu untuk diri sendiri.

Sakit

Sakit adalah faktor penyebab imsomnia yang cukup signifikan. Misalkan cidera akibat kecelakaan ataupun penyakit kronis yang sedang diderita merupakan kondisi yang tidak memungkinkan bagi seseorang untuk tidur dengan tenang. 

Salah satu solusi agar seseorang tersebut dapat tidur dengan cukup yaitu dengan cara mengobatinya sehingga rasa sakit hang dideritanya akan berkurang.

Bagi kamu yang mengalami gangguan tidur/imsomnia, sebaiknya kamu hindari beberapa penyebab imsomnia diatas karena jika imsomnia terus-menerus dibiarkan, maka akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. 

1 Komentar

  1. Duh, baru tahu kalau makanan cepat saji dapat memicu insomnia. Selamat malam, ananda Srie. Terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama