Diet VS Olahraga: Lebih Efektif Mana?

Diet VS Olahraga: Lebih Efektif Mana?

Bouttface.com | Kamu ingin menghilangkan beberapa kilo dari berat badan kamu? Kamu pasti sering mendengar saran yang bilang kamu harus mengkonsumsi makanan sehat dan banyak berolahraga. Tapi pernah tidak sih kamu penasaran, kira-kira untuk melunturkan lemak akan lebih efektif diet atau olahraga ya?

Daripada mengira-ngira, ada salah satu profesor dibidang olahraga yang akan menjelaskan pertanyaan diet vs olahraga secara ilmiah kepada kita, grils.

Menurut Philip Stanforth, seorang profesor dibidang olahraga Universitas Texas mengatakan kalau berdiet memberikan dampak yang lebih besar daripada berolahraga. 

Philip yang juga menjabat sebagai direktur eksekutif di The Fitness Institute of Texas menyebutkan beberapa penelitian yang dilakukanya dan praktisi akademisi lainya menghasilkan fakta kalau seorang akan lebih cepat berkurang berat badanya jika mengatur pola makan. 

Penasaran dengan alasanya? Menurut Philip, menghilangkan lemak dengan berolahraga memerlukan waktu yang panjang dan juga usaha yang sangat konsisten. 

Walaupun berolahraga jelas akan memberikanmu begitu banyak manfaat sehat, tapi dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk melihat hasilnya. Olahraga juga membakar sedikit kalori daripada yang selama ini orang-orang pikirkan. 

Sebagai alternatif jawaban dari diet vs olahraga, akan jauh lebih baik kalau kamu mengurangi konsumsi makanan tinggi gula, berlemak, mengandung jumlah kalori yang gila-gilaan. Menurut philip, kebiasaan makan ini akan jauh mengurangi lingkaran perutmu, grils. Jika dibandingkan, kira-kira gambaranya akan menjadi seperti ini grils.

Kamu harus berjalan sepanjang 35 mil untuk membakar 3500 kalori. Jelas akan sangat melelahkan dan sangat kecil kamu bisa dan mau melakukanya secara rutin dalam jangka waktu yang lama. 

Tapi kalau kamu memotong kalori yang masuk, satu batang coklat karamel mengandung 500 kalori, akan jauh lebih mudah dan cepat kan untuk menjaga atau pun memotong kelebihan berat badan yang ada dalam tubuh.

Bukan Philip Stanforth saja yang berpikiran kalau diet lebih baik untuk perbandingan diet vs olahraga, grils. Penelitian yang dilakukan The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2014 menyebutkan bahwa diet tinggi protein dan mengganti menu makanan dengan makanan berkalori rendah akan lebih efektif dan efisien dalam mengurangi berat badan berlebih daripada olahraga. 

Masih dari The American Journal of Clinical Nutrition, pada kasus anak kecil sekalipun akan lebih baik untuk membentuk pola makan sehat daripada memaksa anak untuk berolahraga demi mengurangi berat badan berlebih.

Jadi, mulai sekarang sebaiknya kamu menjaga pola makan untuk menjaga berat badanmu, sedangkan olahraga untuk meningkatkan vitalitas dirimu, grils. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama