Ajarkan Makna Hari Raya Idul Adha Pada Anak Dengan Cara Ini

Ajarkan Makna Hari Raya Idul Adha Pada Anak Dengan Cara Ini

Bouttface.com | Hari raya Idul Adha pastinya merupakan momen berbahagia kamu bersama keluarga. Hari raya Idul Adha pastinya menjadi hari yang sangat istimewa, karena pada saat inilah kita bisa menjalin silaturahmi dan menyebarkan kegembiraan pada banya orang.

Nah, bagaimana caranya agar anak kamu tidak sekedar menikmati liburan idul adha, tetapi juga bisa memaknai hari raya idul adha? Ada cara sederhana lho yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya memahami makna hari raya idul adha.

1. Ajak si kecil memilih hewan kurban

Jika kamu ikut serta dalam kurban, tak ada salahnya mengajaknya ikut memilih hewan kurban lho. Pada saat inilah kamu bisa menjelaskan sedikitnya kisah awal dari hari raya kurban ini diadakan. Kamu bisa menceritakan dari kisah nabi Ibrahim yang mengurbankan anaknya yaitu nabi ismail.

2. Jika sudah cukup umur, ajak si kecil ikut dalam acara penyembelihan hewan kurban

Nah, tak ada salahnya mengajak anak kamu untuk melihat proses pemotongan hewan kurban, Grils! Tapi pastikan umur si kecil sudah cukup ya untuk dapat melihat pemotongan. Biarkan si kecil melihat proses pembagian daging hewan kurban. Disini kamu dapat mengajarkan pentingnya makna berbagi terhadap sesama kepadanya. 

3. Ajak anak untuk bersyukur

Hal berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah mengajak si kecil untuk bersyukur pada sang pencipta atas segala rizki yang kamu dan keluarga kamu terima, sehingga si kecil dapat memahami arti penting rasa syukur.
Nah, jangan sampai melewatkan hari besar ini dengan sia-sia ya, Grils! Yuk ajarkan anak-anak kita agar kelak dia bisa menjadi anak yang taat pada agama. Selamat Hari Raya Idul Adha ya.

5 Komentar

  1. Ngk terasa ya sudah mau masuk idul adha lagi

    BalasHapus
  2. Selamat idul Adha meskipun dalam suasan PKKM...

    BalasHapus
  3. Kalo memilih hewan kurban aku setuju sih, tapi kalo disuruh melihat acara pemotongan hewan kurban agak gimana gitu ya, soalnya aku juga jarang lihat orang motong kambing, ngeri.😱

    BalasHapus
  4. >Greetings from Portugal!
    xoox

    marisasclosetblog.com

    BalasHapus
  5. Dengan Bimbingan seperti ulasanan pada Postingan ini Semoga Anak-anak Kita Kelak menjadi Anak Sholeh Amin ..Selamat Hari Raya Idul Adha

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama