Tips Memberi Jus Untuk Balita Yang Wajib Kamu Ketahui

Tips Memberi Jus Untuk Balita Yang Wajib Kamu Ketahui

Bouttface.com | Jus memang merupakan minuman yang memiliki banyak khasiat, terutama vitamin serta serat. Kamu juga pasti suka nih minum jus buah, karena rasanya yang nikmat dan pas banget dinikmati di waktu siang hari yang panas.

Nah, ternyata jus buah bisa juga lho diberikan untuk balita. Tapi, tetap ada beberapa aturan pemberian jus aman untuk balita. Ya, tentu saja karena perut balita dan sistem pencernaanya tidak sama seperti orang dewasa. 

Jika pemberian jus terlalu berlebihan, maka bisa jadi rasa asam di buah yang dibuat jus itu bisa memunculkan masalah pada pencernaan.

 Peraturan dalam pemberian jus aman untuk balita yang pertama adalah jus sebaiknya tidak diberikan untuk balita usia antara nol sampai enam bulan. Karena pada usia ini, bayi hanya bisa mengonsumsi ASI. Sistem pencernaan juga belum matang dan belum bisa mengonsumsi buah padat. 

Kedua, perhatikan juga kandungan gula yang ada didalam jus buah. Gula yang kebanyakan akan memberi masalah pada gigi. Jadi, pastikan berikan gula dalam jus dengan porai yang pas, ya. Ada baiknya nih kalau pemberian jus dilakukan melalui cangkir untuk minum, bukan menggunakan botol dan diminum sambil tiduran. 

Ketiga, pemberian jus juga disesuaikan dengan umur bayi. Untuk bayi yang usianya masih satu sampai empat tahun, berikan jus sebanyak seratus dua puluh sampai seratus tujuh puluh mililiter per harinya. Jangan diberi secara berlebihan ya, karena akan mengurangi nafsu makan untuk makanan pendamping bayi yang lain. 

Terlalu banyak mengonsumsi jus buah juga bisa menyebabkan diare, perut kembung sampai dengan nyeri dibagian perut. 

Konsumsi jus buah memang memberi dampak positif dalam dosis yang disarankan, tapi bisa berubah jadi bencana juga kalau terlalu berlebihan. Jus aman untuk balita juga sebaiknya menggunakan buah yang berbeda-beda agar bayi tidak bosan san terbiasa mengonsumsi berbagai jenis buah berbeda. Kombinasi dua atau lebih buah berbeda dalam satu jus bisa diberikan juga dengan tetap memperhatikan komposisi bahanya. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama