Ciri Anak Kurang Perhatian Orangtua

Ciri Anak Kurang Perhatian Orangtua

Bouttface.com | Anak yang masih dalam tahap perkembangan harus mendapat perhatian serta kasih sayang penuh dari kedua orangtuanya. Apabila orangtua kurang dalam memberi perhatian dan juga kasih sayang, bisa jadi anak akan tumbuh menjadi seorang pembangkang serta tidak mau mendengarkan perintah kedua orangtuanya. oleh karena itu, perlu untuk diketahui ciri anak kurang perhatian orangtua.

Pertama, anak tersebut akan susah untuk diatur dan diajak bekerja sama. Ini adalah ciri yang paling mudah untuk dikenali dari anak dengan perhatian yang kurang dari orangtuanya. Pada fase berikut, anak akan ingin memegang kendali dan mulai untuk memberontak pada orangtua.

Ciri anak kurang perhatian selanjutnya adalah anak akan menjadi kurang terbuka terutama kepada kedua orangtuanya. Jawaban anak ketika ditanya akan pendek dan singkat dan tampak tidak bersemangat. Pada tahap ini, bisa saja figur orangtua mulai terganntikan oleh pihak lain seperti teman dekat disekolah. Orangtua seharusnya mulai mawas diri serta memberi perhatian lebih pada anak. 

Kemudian, ciri berikutnya adalah anak akan memberi tanggapan negatif terhadap segala sesuatu yang ada disekitarnya. Anak akan memiliki harga diri yang rendah, dimana hal ini akan berdampak negatif pada dirinya sendiri di kemudian hari. Anak juga akan terlatih untuk beranggapan negatif terhadap segala hal, yang biaa saja membahayakan mereka suatu hari nanti. 

Anak yang kurang perhatian juga cenderung akan menarik diri dari pergaulan disekitar tempat tinggalnya. Anak terbiasa untuk sering menyendiri serta merasa asyik dengan dunianya yang dimilikinya sendiri. Dia tidak mau tahu tentang orang lain dan akibatnha enggan untuk bersosialisasi.

Anak juga bisa menolak kenyataan, yang masih ada kaitanya dengan maslah harga diri. Jika anak sudah menujukan gejala-gejala diatas, maka orangtua seharusnya mulai memberikan perhatian serta kasih sayangnya yang lebih intens. Orangtua wajib untuk meluangkan lebih banyak waktu bersama anak daripada bekerja atau berada diluar rumah, karena anak yang menunjukab ciri anak kurang perhatian bisa menjadi masalah serius dikemudian hari.

4 Komentar

  1. Kalau anak yang terlalu nakal dan pembangkang apa termasuk ciri anak yang kurang perhatian orang tua?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi pak, bagaimanapun perhatian orangtua sangat penting bagi anak

      Hapus
  2. Zaman sekarang, anak kurang perhatian semakin tinggi jumlahnya. Karena orang tuanya sibuk kerja, pulang-pulang dengan HP melulu. He he ... Selamat Malam, ananda Srie.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali bu, bahkan kadang saya pun merasa demikian

      Hapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama