Cara Menyimpan Keju dengan Benar agar Tidak Keras

Cara Menyimpan Keju dengan Benar agar Tidak Keras

Bouttface.com | Keju yang disimpan di kulkas cenderung mengeras karena suhunya yang dingin. Akan tetapi, jika tidak disimpan di kulkas keju bisa beresiko jamuran dan akhirnya jadi tidak bisa dikonsumsi.

Membuang-buang makanan tentunya sangat disayangkan. Agar keju yang kamu beli bisa diapakai lagi, perhatikan cara menyimpan keju dengan benar agar rasa, tekstur dan warna keju tidak berubah.

Sebelum Penyimpanan

Perlu diperhatikan bahwa saat membeli keju ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini untuk memastikan bahwa keju yang kamu pilih memang bagus dan berkualitas. Kemasan  keju harus dalam keadaan rapi dan bersegel. 

Kalau ada bagian yamg rusak, jangan membelinya. Perhatikan juga bagian dalamnya. Keju yang kering merupakan ciri keju yang kurang baik kualitasnya. 

Jangan terkecoh dengan kemasan segel. Selama tekstur kering, hindari membelinya dan pilih keju yang lain. Cek tanggal kadaluarsa keju untuk memastikan bahwa keju masih bisa di konsumsi dalam beberapa waktu kedepan. 

Jika sudah yakin keju bagus dan akhirnya dibeli, gosok permukaanya dengan minyak zaitun supaya keju lebih awet. Namun hal ini hanya berlaku pada keju amerika saja. Selanjutnya pelajari cara menyimpan keju dengan benar agar kualitasnya tidak berkurang. 

Saat Penyimpanan

Letakan keju pada wadah yang kering sebelum dimasukan ke dalam lemari es. Pastikan wadah bersih dan tidak berbau sebelum menyimpanya. 

Ketika keju diletakan pada wadah, bungkus terlebih dahulu dengan kain yang lembut atau pun tisu makan. Jangan membungkus terlalu ketat, longgarkan agar keju bisa tetap bernafas di didalam bungkusan tersebut.

Kalau sudah dibungkus dan ditutup wadahnya, letakan di kulkas dan simpan untuk beberapa hari. Jangan menyimpan keju ditempat terbuka karena keju bisa mudah berjamur. Kalaupun keju berjamur didalam kulkas, hal ini dikarenakan terlalu lamanya penyimpanan. 

Cek rasa dan aromanya. Jika masih sama dan tidak berubah, buang saja bagian berjamurnya dan oles permukaanya dengan minyak zaitun. 

Buang keju jika aroma dan rasanya sudah berubah. Cara menyimpan keju dengan benar memang perlu diperhatikan agar kualitas dan rasanya terjaga. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama