Cara Menghafalkan Pelajaran dengan Mudah

Cara Menghafalkan Pelajaran dengan Mudah

Bouttface.com | Mengingat sesuatu hal bisa dikatakan gampang-gampang susah. Terutama ketika menghafalkan pelajaran. Seperti yang kita ketahui, menghafal merupakan hal yang cukup sulit apalagi jika menghafal mata pelajaran seperti, PKN, sejarah, rumus-rumus fisika, kimia dan masih banyak yang lainya. 

Tentunya proses menghafal sangat penting untuk menunjang nilai bagi seseorang yang masih sekolah. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara menghafalkan pelajaran dengan mudah. Berikut ini adalah berapa caranya.

1. Membaca

Membaca

Kegiatan ini adalah kunci utama dari belajar agar kamu lebih cepat mengerti. Cara yang paling tepat adalah dengan membaca sebuah materi baru selama dua kali dalam satu hari, yakni sebelum materi tersebut diterangkan. Perlu kamu ketahui, otak akan memproses materi itu sebanyak 3 kali dan akan membuatnya tersimpan cukup lama di memori otak kamu. 

2. Mencatat Hal-Hal Pokok

Mencatat hal-hal pokok

Tentunya disetiap pelajaran dan babnya akan memiliki sebuah informasi yang penting atau dapat dikatakan sebagai pokok dari bab tersebut. Dengan kamu mencatat hal yang kamu anggap penting pada bab tersebut, maka itu dapat membantu kamu ketika melaksanakan ujian. Selain itu, dengan mencatat hal-hal yang pokok saja maka kamu lebih cepat mengingat bagian mana yang perlu dipelajari. 

3. Menghafalkan Kalimat Kunci

Menghafalkan kalimat kunci

Menghafalkan kalimat ini seringkali ada dipelajaran biologi, kimia, dan yang berhubungan dengan sejarah atau IPS. Contoh saja ketika kamu disuruh mengingat warna dari pelangi, yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Jika kamu masih ingat, maka guru kamu pernah memberikan singkatan terhadap untuk menghafal warna pelangi tersebut agar lebih mudah, yakni dengan kata mejikuhibiniu.


4. Pahami Semua Hal

Pahami semua hal

Jika kamu hanya mempelajari namun sebatas menghafal, maka itu adalah sia-sia, karena hafalan dapat menghilang dengan cukup cepat. Sedangkan jika kamu memahaminya, maka kamu akan mengerti konsep dari pelajaran tersebut. Selain itu, dengan memahami kamu juga dapat mempelajarinya lagi jauh lebih mudah, ketimbang kamu harus menghafalnya. 

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk cara menghafalkan pelajaran. Oleh karena itu, pastikan kamu segera mencobanya ya. Selamat mencoba. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama