Beda Kebutuhan, Beda Asuransinya

Jenis-jenis asuransi dan fungsinya

Bouttface.com - Saat ini, banyak sekali pilihan asuransi. Apakah semua harus kita miliki? Berikut beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan saat akan membeli asuransi. 

Asuransi Jiwa

Jika kamu memiliki keluarga dan anak-anak, asuransi ini wajib kamu pilih. Sebaliknya, jika kamu masih belum menikah, asuransi ini bisa kamu ambil atau tidak tergantung kepada siapa nanti kamu akan memberikan hak waris jika terjadi sesuatu.

Mengapa ini wajib untuk yang sudah berkeluarga? Sebab, jika sang penyangga ekonomi utama tiba-tiba meninggal, maka asuransi ini bisa memberikan nilai pertanggungan yang bisa menyambung ekonomi keluarga. Minimal, untuk beberapa waktu sehingga bisa mempersiapkan pemasukan pengganti untuk seterusnya. 

Asuransi Kesehatan

Ini sebenarnya jenis asuransi yang harus diambil oleh semua orang. Mengapa? Karena, setiap orang di dunia, pasti pernah sakit. Baik ringan ataupun berat, seseorang pasti pernah merasakan berobat ke dokter, atau minimal minum obat apapun jenisnya.

Jika penyakitnya ringan mungkin tak masalah. Tapi, kalau penyakitnya berat dan bahkan sampai harus dirawat inap dirumah sakit, pasti butuh biaya. Jika punya uang cukup untuk membiayai mungkin tak jadi kendala. 

Namun, kebanyakan orang justru sering tak memiliki cadangan dana untuk keperluan ini. Untuk itu, dengan memiliki asuransi kesehatan, kita bisa mendapatkan bantuan dana berobat sesuai dengan premi yang kita bayar. Sehingga, saat sakit, apalagi sakit berat seperti kanker atau jantung, kita bisa mendapat pertanggungan yang meringankan. 

Asuransi Kecelakaan

Ini mirip dengan asuransi kesehatan. Namun, yang dijamin adalah jika terjadi kecelakaan kepada kita. Karena itu, bagi yang memiliki risiko kecelakaan, misalnya pekerja lapangan, orang yang sering mengemudi kendaraan, asuransi ini wajib diambil. Sebab, kita tak pernah menyangka risiko apa yang mungkin kita alami. 

Dengan asuransi ini, bila kita sampai cacat tetap atau sakit parah, dan bahkan hingga mengalami kematian, maka kita bisa mendapat pertanggungan yang cukup untuk diri sendiri atau keluarga yang ditinggalkan.

Asuransi Rumah atau Kendaraan

 Ini merupakan asuransi yang menjamin barang yang kita miliki. Sebab, kita tak peenah tahu apa yang akan terjadi pada barang tersebut. Misalnya kendaraan kita terserempet dan harus masuk bengkel. Atau, rumah kita kemasukan pencuri. 

Semua itu bisa mendapatkan jaminan penggantian sesuai dengan nilai premi yang dibayarkan. Sehingga dengan jaminan tersebut, bila terjadi sesuatu pada barang yang dimiliki, kita bisa merasa lebih nyaman dan aman karena sudah terlindungi. 

Asuransi Investasi

Belakangan, asuransi jenis ini biasanya dikenal sebagai unit link cukup tren. Asuransi ini biasanya menggabungkan asuransi kebanyakan asuransi kesehatan atau jiwa dengan investasi di reksadana atau pasar saham.

Sehingga, selain melindungi diri kita, saat kontrak habis, kita akan mendapat keuntungan dari nilai investasi yang dikelola. Untuk asuransi jenis ini, kita harus benar-benat tahu, berapa porsi nilai yang dibayar untuk asuransi dan berapa yang diinvestasikan. Sebab, hal tersebut berpengaruh juga pada nilai pertanggungan saat terjadi sesuati pada kita. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama