3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Asuransi Jiwa

3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Asuransi Jiwa

Bouttface.com - Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang sangat berguna untuk menjamin kehidupan tertanggung setelah pensiun kerja dan membantu keluarga tertanggung jika dia meninggal dunia. 

Sayangnya, beberapa pemegang polis asuransi jiwa menyesal setelah membeli produk asuransi ini. Hal ini dikarenakan mereka tidak memperhatikan 3 hal penting dibawah ini saat membeli asuransi.

Jenis Asuransi Jiwa

Seacara umum asuransi jiwa itu terbagi menjadi 3 jenis, yaitu asuransi jiwa berjangka, seumur hidup, dan dwiguna. Jika memilih asuransi jiwa berjangka atau yang sering disebut term life insurance, pembeli asuransi harus bersiap-siap kehilangan uang mereka jika selama kontrak tidak terjadi klaim. 

Sementara itu, jika memilih asuransi jiwa seumur hidup dan dwiguna, tertanggung harus membayar premi yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, pilihlah asuransi jiwa yang pas dan sesuai dengan kebutuhan

Uang Pertanggungan

Besarnya uang pertanggungan tergantung pada besarnya premi yang dibayarkan perbulan. Dengan demikian, jika tertanggung hanya membayar premi dibawah Rp. 300.000, maka besar kemungkinan uang pertanggungan yang didapat akan kecil. 

Sebaliknya, jika tertanggung membayar premi diatas Rp. 500.000, maka uang pertanggungan yang akan diperoleh nantinya bisa saja mencapai ratusan juta rupiah.

Asuransi Tambahan

Asuransi tambahan atau yang sering disebut riders ini cukup menguntungkan untuk para pemegang polis. Namun, kebanyakan pemegang polis tidak mengambil riders yang tepat, sehingga polis asuransi jiwa mereka akan berkurang secara signifikan.

Misalnya mengambil asuransi tambahan yang berupa investasi, sedangkan pemegang polis sebenarnya lebih membutuhkan riders yang berupa perawatan medis. 

Perlu diketahui bahwa tidak semua riders sesuai dengan kebutuhan, maka dari itu, tertanggung diharapkan untuk memilih asuransi tambahan sesuai kebutuhan saja. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama