Tanda-Tanda Bayi Lelah

Tanda-Tanda Bayi Lelah

Bouttface.com | Walaupun hampir setiap waktunya dihabiskan untuk tidur, ternyata bayi juga mudah lelah layaknya orang dewasa pada umumnya. Rasa lelahnya muncul ketika terjadi ketidakseimbangan fungsi-fungsi alat vital dan alat gerak pada tubuhnya. 

Namun, perbedaan antara bayi dan orang dewasa adalah cara mengekspresikan lelahnya. Jika orang dewasa cenderung pada omongan, sedangkan bayi sering mengekspresikanya dengan tangisan. Selain tangisan, ada banyak tanda lain yang menunjukan bayi lelah. Berikut ulasanya.

1. Rewel

Bayi kerap sekali rewel ketika dirinya merasa lelah. Rewel atau tangisan tersebut ditunjukan dengan suara pelan tetapi terus-menerus. Jika bayi bunda mengalami hal ini, itu artinya dia lelah. Segeralah timang dan tidurkan bayi bunda sehingga ia bisa beristirahat.

2. Memalingkan Wajah

Bayi yang sedang lelah, ketika kita panggil untuk diajak bermain secara spontan dia akan memalingkan muka. Jika terjadi demikian, jangan lanjutkan untuk mengajaknya bermain. Lebih baik bunda tidurkan si kecil didalam boks dan biarkan dia untuk beristirahat dengan sendirinya. 

3. Cegukan

Jika bayi kurang fit, kemungkinan besar bayi akan mudah lelah dan mengakibatkan cegukan. Secepatnya bunda berikan si kecil ASI atau makanan bergizi yang seimbang. Setelah itu, biarkanlah bayi bunda untuk beristirahat sehingga jika nanti dia terbangun, energinya akan kembali pulih. 

4. Main Ludah

Memainkan ludah adalah salah satu tanda bayi lelah. Biarkan saja bila bayi bunda melakukan hal itu hingga nanti dia akan tertidur sendiri. Jangan pernah bunda melarang atau menghentikanya. Karena bisa mengakibatkan bayi bunda kesal dan akhirnya akan menangis. 

5. Buang Air Besar

Rasa lelah yang dialami bayi bisa mengganggu pada pencernaanya. Proses pencernaan itu akan bekerja lebih aktif sehingga bayi pun akan melakukan buang air besar. Tetapi, jangan selalu mengasumsikan bahwa bayi yang ingin buang air besar itu tanda dia lelah. Buang air besar ini akan diikuti faktor-faktor lain, seperti rewel dan gelisah. 

Dari kelima tanda diatas, mana yang paling sering bayi bunda alami? Semoga tanda-tanda bayi lelah diatas bisa bergunda bagi bunda ya. 

1 Komentar

  1. Baru tahu, kalau bayi yang cegukan dan suka main ludah itu tanda dia lelah. Keren ananda Srie Nuryani.

    BalasHapus

Posting Komentar