Inilah Penyebab Anak Tidak Mau Terbuka Pada Orangtua

Penyebab Anak Tidak Mau Terbuka Pada Orangtua

Bouttface.com | Seorang anak normalnya akan bercerita mengenai kehidupanya pada orangtuanya. Namun tak jarang pula ada yang tidak ingin membuka dirinya atau menceritakan tentang dirinya kepada orangtuanya. 

Penyebab anak tidak mau terbuka pada orangtua disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari faktor keluarga itu sendiri maupun dari faktor lingkungan sosial. 

Oleh karena, itu sebagai orangtua haruslah peka terhadap kelakuan si anak. Beberapa hal berikut ini merupakan hal-hal yang mungkin menjadikan anak tidak mau terbuka kepada orangtuanya. 

  • Diabaikan
Pekerjaan orangtua yang begitu padat menjadikan si anak jarang mendapatkan perhatian orangtua. Sehingga anak merasa dirinya diabaikan oleh orangtua. 

Rasa terabaikan ini bisa terjadi karena kurangnya komunikasi antara orangtua dan anak sehingga anak enggan untuk mengatakan unek-uneknya kepada orangtua. Komunikasu kepada anak cukup penting, selain untuk menambah keakraban juga untuk mengetahui perkembangan dan pergaulan si anak tersebut. 

  • Tertekan
Saat anak merasa tertekan anak akan menyimpan perasaanya untuk dirinya sebdiri. Tekanan-tekanan tersebut bisa saja berasal dari orangtua maupun dari pihak lainya. 

Tak jarang orangtua sering mengomeli si anak bahkan terus menerus menekan si anak untuk menuruti apa yang diinginkanya. Hal ini tentu tidak baik untuk si anak tersebut. Tekanan-tekanan yang dialami si anak akan menjadi momok sehingga anak enggan untuk bercerita keoada orangtuanya karena rasa takut. 

  • Kekerasan
Kekerasan dalam rumah tangga seringkali terjadi pada keluarga yang memiliki hubungan tidak harmonis. Selain pada keluarga, kekerasan di sekolah maupun ditempat lainya bisa menjadi penyebab anak tidak mau terbuka pada orangtua

Kekerasan-kekerasan tersebut tidak hanya berupa kekerasan fisik namun bisa juga kekerasan dari ujaran. Misalnya saja si anak sering mendapat ejekan dari teman-temanya. Ditambah lagi anak juga sering mendapat perlakuan kasar dari orangtuanya maka si anak tidak akan membuka dirinya kepada orang lain maupun orangtuanya.

Setelah mengetahui penyebab anak tidak mau terbuka pada orangtua maka tingkat kepekaan dari orangtua harus ditambah lagi. Hal-hal lainya yaitu sering-seringlah untuk mengajak anak berkomunikasi sehingga orangtua akan mengetahui perkembangan dari si anak. 

1 Komentar

Posting Komentar