Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok - Himbauan pemerintah akan bahaya merokok sudah sangat jelas dan juga tertulis dalam setiap bungkus rokok. Namun himbauan itu seakan-akan hanya sebagai angin lalu karena sebagian orang masih tetap saja merokok. Merokok tidak hanya berbahaya bagi perokoknya, namun juga berbahaya bagi orang yang berada di sekitarnya atau yang biasa disebut perokok pasif. Bagi perokok pasif mereka hanya menghirup asapnya saja bahaya sama dengan yang merokok. 

Kalau hanya dengan himbauan, pemahaman dan permintaan saja tidak akan sanggup menghentikan kebiasaan mereka untuk merokok. Zat adiktif yang terkandung dalam rokok bisa membuat para perokok kecanduan sehingga menyebabkan mereka selalu ingin menghisapnya, selain itu zat dalam rokok juga bisa membuat kita merasa tetap kenyang sehingga mereka bisa bilang "lebih baik tidak makan dari pada tidak merokok". Untuk menghentikan kebiasaan ini di perlukan adanya niat yang sangat kuat serta dukungan dari berbagai pihak.

Berikut ini adalah beberapa tips, agar anda bisa berhenti dari kebiasaan anda merokok dan menuju kehidupan yang lebih sehat alias bebas asap rokok.

1. Pahami dan Mengerti Efek Samping dari Rokok

Jika kita lihat data dari Surgeon General Report yang ditulis dari tahun 1964 hingga sekarang tercatat ada sekitar 12 juta orang yang meninggal dunia akibat merokok. Merokok dapat mengurangi usia kita hingga 14 tahun, bayangkan lama sekali dan kita harus buang sia-sia usia kita hanya untuk sebuah rokok yang memberikan kenikmatan sesaat saja. Pemerintah sudah sangat jelas menuliskan akan bahaya pada setiap bungkusnya " merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin". Himbauan ini bukan hanya sebatas tulisan saja, namun ini adalah kenyataan. 

2. Alihkan Perhatian dari Rokok

Jika anda ingin benar-benar behenti merokok anda bisa membuat jadwal agenda anda, apa saja yang perlu anda lakukan agar anda terlupa untuk merokok. Misalnya jika setelah makan anda terbiasa merokok mungkin kebiasaan itu bisa anda gantikan dengan makan permen karet. Jangan biarkan waktu anda luang sehingga membuat anda bengong, anda bisa mengisinya dengan melakukan hobi seperti jalan-jalan, mendengarkan musik, olah raga dan lain sebagainya.

3. Hilangkan Aroma Rokok

Jika anda adalah salah satu dari pecandu rokok sebaiknya anda bersiap-siap saja nafas anda akan bau rokok. Jika anda tidak menginginkan hal itu sebaiknya anda segera menghentikanya dan menjauh dari lingkungan yang penuh dengan asap rokok. Dengan berhenti merokok nafas anda akan berangsur-angsur kembali normal dan tidak bau rokok, selain itu, nafas anda akan bertambah lancar, batuk-batuk juga berangsur hilang. Itulah sebagian kecil manfaat yang bisa anda rasakan swcara langsung setelah anda berhenti merokok. 

Jika asap rokok mengganggu ruangan dalam rumah, anda bisa menggunakan pengharum ruangan dan membuka semua jendela agar asap keluar sehingga udara dalam ruangan bersih kembali. Sedangkan untuk bau mulut anda bisa menggunakan permen karet untuk menetralkan baunya. 

4. Kuatkan Keinginan

Bagaimana setelah anda mengetahui manfaat berhenti merokok, banyak bukan? Apakah saat ini anda ingin segera meninggalkan rokok? Jika memang anda sudah mempunyai keinginan itu, sebaiknya kuatkan keinginan anda. Karena sangat tidak mudah untuk menghentikan kebiasaan ini atau menghilangkan candu rokok di dalam tubuh kita. Jika kita lihat data survey, ada sekitar 15 juta perokok yang ingin berhenti merokok setiap harinya, namun hanya sekitar 3% saja yang sanggup melepaskan diri dari kebiasaan tersebut. 

Maka dari itu sangat penting dukungan dari berbagai pihak agar anda benar-benar bisa berhenti, entah itu dari diri sendiri, keluarga, teman dan lingkungan. Mulailah beegaul dengan teman-teman yang tidak merokok, hindari lingkungan atau tempat-tempat yang biasa anda jadikan sebagai tempat merokok, isi waktu luang anda dengan hal-hal yang bermanfaat. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama