Begini Cara Mengatasi Anak Suka Berbohong

Begini Cara Mengatasi Anak Suka Berbohong

Bouttface.com | Mendidik anak yang suka berbohong memang seringkali membuat para orangtua sangat kewalahan. Berbohong merupakan salah satu kebiasaan yang buruk dan memang sangat sulit untuk dihilangkan, bahkan jika tidak segera ditangani maka sang anak akan terus berbohong sampai dewasa. Ada beberapa alasan yang menyebabkan anak suka berbohong diantaranya yaitu, karena memiliki orangtua yang terlalu tegas bahkan galak kepada anak sehingga sang anak akan sangat takut jika melakukan suatu kesalahan. Penyebab yang kedua adalah karena mungkin contoh yang diberikan orangtua kepada anaknya. 

Terkadang, tanpa disadari suatu kebongan sering para orangtua ajarkan secara tidak langsung kepada anak-anaknya, misalkan kebohongan untuk kepentingan pribadi atau mencari alasan ketika tidak ingin bertemu dengan seseorang. Secara tidak langsung, para orangtua juga ikut mengajarkan kebohongan pada anak-anaknya. Jadi pahami benar bagi para orangtua untuk mengatasi anak yang suka berbohong. 

Untuk mengatasi anak yang suka berbohong dibawah ini beberapa contoh tips yang bisa dilakukan ketika anak-anak anda berbohong. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bersikap Baik

Selalu bersikaplah baik dan bijak ketika anak anda mulai berbohong, jangan memojokan sang anak untuk mengakui kebohonganya namun akan lebih baik jika para orangtua melakukan pendekatan dengan cara yang menyenangkan seperti layaknya seorang teman. 

2. Cari Tahu Penyebabnya

Selidikilah apa penyebab anak anda berbohong. Hal ini memang sangat penting untuk dilakukan agar para orangtua lebih bijaksana dalam menyikapi perbuatan anaknya. 

3. Berikan Pengertian dan Penjelasan

Untuk mendidik anak-anak yang suka berbohong, berikanlah selalu penjelasan dan pengertian dari kebohongan itu sendiri, dan juga dampak yang akan terjadi dari kebohongan tersebut. 

4. Hukuman Yang Mendidik

Memberi hukuman terkadang memang diperlukan untuk memberikan efek jera, namun berilah hukuman yang memiliki tujuan untuk mendidik seperti memotong uang saku, atau melarangnya untuk bermain diluar sementara waktu. 

Selain beberapa tips yang bisa dilakukan diatas, bagi para orangtua sebaiknya tetaplah mengendalikan sikap dan perilaku di depan anak-anaknya agar tidak mengarah pada suatu kebohongan, jangan lupa untuk selalu bersikap bijaksana dalam memberikan suatu contoh dan hukuman pada anak-anak.

Post a Comment