Anak Bunda Terlambat Bicara? Ini Solusinya!

Anak Bunda Terlambat Bicara? Ini Solusinya!

Bouttface.com | Anak terlambat bicara merupakan keterlambatan yang paling sering dialami para anak. Selama ini hanya masalah fungsional, keterlambatan bicara ini bukanlah hal yang mesti bunda cemaskan. 

Ada beberapa penyebab keterlambatan bicara pada anak. Diantaranta karena gangguan pendengaran, keterlambatan perkembangan otak, minimnya komunikasi, diajarkan komunikasi dua bahasa, keturunan dan televisi.

Solusi pertama agar anak dapat berbicara tentu saja dengan bunda terus mengajaknya berkomunikasi. 

Bawa si kecil keluar dan kenalkan dengan hal-hal disekitar. Mulailah dengan melatih si kecil kosakata-kosakata sederhana dengan perlahan. 

Cara ini ampuh jika putra putri bunda terlambat bicara karena kurangnya komunikasi. 

Langkah lainya untuk mengatasi anak terlambat bicara ialah dengan membatasi anak untuk tidak terlalu sering menonton televisi dan bermain gatget. Anak yang terlalu sering menonton televisi akan menjadi pasif dan hanya mau mendengar dan menerima informasi. 

Untuk melatih keaktifan berbicara si kecil, mulailah untuk mengaktifkan organ suaranya dengan bernyanyi dan mendengarkan musik untuk merangsang pendengaranya. Setelah itu, latih anak agar dapat berbicara lebih jelas dengan mengajarinya kata-kata dengan pengucapan yang jelas. 

Pastikan gerak bibir bunda jelas sehingga anak dapat menirunya dengan mudah. Jangan paksa anak untuk langsung bicara kata-kata sulit, paling tidak latih agar ia dapat merespon dan lebih aktif dengan membatasi menonton televisi dan mengajarinya bagaimana berkomunikasi dengan memberikan contoh serta menanyakan reaksi atau nama-nama benda tertentu. 

Apabila anak terlambat bicara diikuti dengan lambatnya respon, kurang mendengar ucapan orang disekitar, hiperaktif, suka berbicara dengan bahasa sendiri, gejala kelainan syaraf atau pendengaran dan mungkin juga gangguan psikologis, segera konsultasi dengan dokter. 

Anak bisa saja mengalami hambatan perkembangan otak, gangguan pendengaran dan syaraf serta masalah psikologis seperti gejala autisme. Hal-hal seperti ini memerlukan bantuan medis untuk benar-benar mengetahui apakah akibat keterlambatan bicara dikarenakan hal-hal tersebut serta bagaimana menyembuhkan keterlambatan tersebut. 

Itulah solusi ketika anak terlambat bicara. Pastinya bunda perlu mengajak si kecil berkomunikasi serta bersabar saat melatih anak agar bisa berbicara dengan baik. 

2 Komentar

  1. Kadang2 anak lambat bicara, tetapi dia cepat pandai berjalan. Selamat malam, ananda Grilee. Selamat malam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener bu hajah.. kadang juga ada yang kebalik.

      Hapus

Posting Komentar