Tips Keluarga Harmonis Ketika Bulan Ramadhan Tiba

Tips Keluarga Harmonis

Tips Keluarga Harmonis - Kesibukan biasanya akan membuat satu keluarga susah untuk berkumpul. Terutama ketika anak sudah beranjak semakin dewasa. Ketika bulan ramadhan tiba tentu kita ingin menjalankanya dengan keluarga yang utuh. Padahal ketika anak semakin dewasa mereka akan memiliki acara sendiri-sendiri seperti misalnya buka bersama dengan teman-temanya atau dengan pacarnya. Tips keluarga harmonis ketika bulan ramadhan tentunya menjadi banyak dicari. 

Bulan ramadhan adalah bulan yang hanya sekali dalam setahun, tentunya kamu tidak ingin hanya melewatkanya begitu saja. Ketika menjalankan dengan baik dan dengan keluarga yang utuh akan menjadikan bulan ramadhan semakin spesial. Keharmonisan sebuah keluarga pada saar ramadhan tiba misalnya ketika sahur dan berbuka puasa bersama-sama. 

Sahur mungkin lebih mudah untuk mengumpulkan anggota keluarga. Tetapi karena kesibukan masing-masing, waktu berbuka puasa menjadi hal yang sulit untuk dapat berkumpul dengan anggota keluarga. Biasanya anak-anak akan memiliki banyak acara dengan temanya, atau suami yang akan sibuk dengan pekerjaan atau ada acara kantor. 

Mungkin dalam sebulan tidak akan bisa full untuk berbuka bersama lengkap satu keluarga, tapi cobalah untuk selalu menyediakan waktu untuk berkumpul satu keluarga penuh untuk berbuka puasa. Misalnya pada akhir pekan adalah waktu untuk keluarga. Maka manfaatkanlah untuk berbuka bersama. Tips keluarga harmonis ketika bulan ramadhan juga bisa dilakukan dengan cara mengaji atau pergi shalat tarawih ke masjid secara bersama-sama.

Dengan tarawih ke masjid secara bersama-sama maka akan menambah keharmonisan keluarga. Dan dapat mengajarkan kepada anak-anak indahnya ketika bulan ramadhan datang. Kamu juga dapat bertadarus bersama dirumah dengan semua anggota keluarga. 

Cobalah untuk menentukan target khatam al-qur'an kepada anak-anak. Berikan mereka nasihat setiap shalat berjamaah, dengan memberikan mereka berbagai macam wejangan maka mereka akan memaksimalkan ibadahnya ketika bulan ramadhan datang.

Mereka akan lebih dapat merasakan esensinya dan tidak beranggapan bahwa bulan ramadhan bukan hanya tentang menahan haus dan lapar saja. Tapi banyak ibadah sunnah lainya yang dapat dilakukan. Itulah tipa keluarga harmonis ketika ramadhan tiba.

2 Komentar

  1. Ga terasa kita akan jelang bulan suci Ramadhan lagi. Makasih tipsnya :)
    Saya biasanya ngumpul keluarga waktu buka puasa.

    BalasHapus

Posting Komentar