Pilih Mana? Mudik Ke Kampung Suami Atau Ke Kampung Sendiri?

Pilih Mana? Mudik Ke Kampung Suami Atau Ke Kampung Sendiri?

Bouttface.com | Istilah mudik digunakan untuk menyebut seseorang yang pulang ke kampung halamanya. Mudik, terutama untuk orang muslim, merupakan kegiatan tahuanan saat hari besar Islam, yaitu lebaran tiba. Nah, bagi kamu yang sudah bersuami, dan suami kamu sama-sama perantau, kamu harus mudik kemana? Mudik ke kampung suami atau kampung sendiri?

Pertanyaan mudik ke kampung suami atau ke kampung sendiri? Bisa saja menimbulkan permasalahan dan konflik, lho! Karena itulah pilihan mau mudik kemana harus kamu pertimbangkan dengan memikirkan beberapa kondisi berikut:

Pikirkan Sejak Awal

Konflik bisa timbul karena tidak adanya kesepakatan sejak awal. Karena itulah, sejak jauh-jauh hari sebelum waktu mudik tiba, kamu dan pasangan sebaiknya membicarakan hal ini bersama-sama. Pikirkan dan pertimbangkan segala kemungkinan yang bisa terjadi dan tentukan mana yang merupakan pilihan terbaik. Dengan begitu, konflik antara kamu dan suami tentang mau mudik kemana bisa dihindari.

Pikirkan Tentang Biaya

Biaya yang dikeluarkan saat mudik ke kampung halaman bisa saja membengkak karena banyak hal, ini dan itu. Karena itu, memikirkan tentang biaya mudik sejak awal dan membuat perencanaan akan membuat pengeluaran kamu lebih terkontrol. Dengan begitu, kamu tidak akan menghabiskan uangmu untuk banyak hal yang kurang bermanfaat. 

Hubungan Dengan Keluarga Pasangan

Pikirkan tentang hubunganmu dengan keluarga pasangan. Hubunganmu dengan keluarga pasangan terkadang memang betada dalam kondisi yang kurang baik. Namun, jika kamu dan pasangan telah memutuskan untuk pulang ke kampung halaman suami, maka kamu harus berusaha mengambil hati keluaraga pasanganmu sehingga konflik lebih lanjut bisa dihindari. 

Mudik adalah momen lain yang umum terjadi menjelang hari raya tiba. Jika kamu dan pasangan sudah memutuskan untuk mudik kemana, mudik ke kampung suami atau ke kampung halaman sendiri?, maka kamu harus menepati dan melaksanakan keputusan tersebut. Hal ini penting agar kamu dan suami bisa terhindar dari konflik yang di sebabkan oleh hal yang sepele, yaitu pilihan tempat mudik antara ke kampung halamanmu dengan kampung halaman suami. 

2 Komentar

  1. Kebetulan suamiku lahiran Jakarta, bapaknya kelahiran Jakarta dan ibunya kelahiran Jawa Tengah yg jaraknya cuma 3 jam jika ditempuh dg sepeda motor dari kampungku.

    Tapi orang tuaku udah ga di Jawa Tengah lagi, skrg di Lampung, jadi kalau mudik pilihannya cuma ke Lampung (tempat orangtuaku) atau ke Jawa Tengah (tanah kelahiranku sekaligus ke tempat kampung halaman ibu mertuaku) hihihi

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat, ananda grille. Biaradil, bagi giliran aja, ananda. Tahun ini ke kampung suami. Tahun depan ke kampung istri. Terima kasih telah berbagi

    BalasHapus

Posting Komentar