Manfaat Berbuka Puasa Bersama Tetangga

Manfaat Berbuka Puasa Bersama Tetangga

Manfaat Berbuka Puasa Bersama Tetangga - Bosan berbuka puasa sendiri atau bersama keluarga? Kamu bisa lho berbuka puasa bersama tetangga. Selain bisa menghilangkan bosan, berbuka puasa bersama dengan tetangga ternyata banyak memiliki manfaat lho. Manfaat-manfaat ini tidak hanya dirasakan oleh kamu saja namun untuk semua orang yang melakukan berbuka bersama. 

Berpuasa tidak menghalangi kamu untuk membatasi diri dengan hanya melakukan kegiatan bersama dengan keluarga saja tetapi bisa meluangkan waktu untuk bercengkrama dengan tetangga-tetanggamu. Manfaat yang bisa dipetik dari berbuka puasa bersama tetangga diantaranya adalah;

1. Tali Silaturahmi Makin Erat

Berbuka puasa bersama tetangga ternyata bisa mempererat tali silaturahmi loh. Dalam ajaran agama islam mempererat tali silaturahmi juga memiliki banyak hikmah. Salah satunya adalah memperpanjang umur seseorang. Dengan umur yang panjang, kamu bisa melakukan perbuatan-perbuatan baik terhadap sesama lebih banyak lagi.

Selain itu, mempererat tali silaturahmi juga bisa memberikan pemikiran-pemikiran positif. Dengan berfikir positif maka kamu bisa terhindar dari yang namanya menggunjing. Tentunya mempererat tali silaturahmi juga bisa menambah pahala saat berpuasa.

2. Berbagi

Berbuka bersama tetangga bisa membuatmu memiliki rasa berbagi yang lebih besar lagi. Berbagi tidak hanya berupa hal-hal yang mewah tetapi dengan berbagi kebahagiaan. Tentu dengan berbuka puasa bersama tetangga bisa menambah kebahagiaan dan keceriaan antara dua keluarga. Berpuasa bukanlah alasan untuk berhenti melakukan hal-hal yang baik seperti berbagi antar sesama. Dengan berbagai, kamu juga bisa mendapatkan banyak pahala. 

3. Kebersamaan

Melakukan hal yang jarang kamu lakukan seperti berbuka puasa bersama tetangga bisa meningkatkan rasa kebersamaan antar individu. Rasa kebersamaan inilah yang bisa menimbulkan suasana yang baru sehingga kamu dan keluarga tidak akan lagi merasa bosan. Dengan berbuka puasa bersama tetangga, kamu bisa bercengkrama lebih akrab lagi. Sehingga kerukunanpun akan terjaga. 

Dalam satu keluarga tentunya dibutuhkan adanya kerukunan. Dengan hidup rukun tentunya orang bisa lebih memahami arti kebahagiaan dan kebersamaan. Keluarga yang selalu diajarkan mengenai pentingnya kerukunan dan kebersamaan dapat membuat keluarga tersebut bisa lebih menghargai terhadap orang lain.

Jadi sudah tahukan kalau berbuka puasa bersama tetangga memiliki banyak manfaat untuk banyak pihak. Nah, tradisi seperti inilah yang harus selalu dipertahankan.

2 Komentar

  1. Sepakat ananda Grilee. Buka bersama dapat mempererat silaturrahmi, Terima kasih ulasannya. Sangat bermanfaat dan inspiratif.

    BalasHapus

Posting Komentar