Bangkitkan Imajinasi Anak Dengan Buku Dongeng

Bangkitkan Imajinasi Anak Dengan Buku Dongeng

Bangkitkan Imajinasi Anak Dengan Buku Dongeng - Bagi seorang perempuan masa kini, memberikan pendidikan yang terbaik untuk buah hati adalah suatu keharusan. Pendidikan bukan hanya mengenai ilmu yang di peroleh secara formal, yakni sekolah, melainkan juga pendidikan yang paling dasar yakni dari keluarga.

Pendidikan yang paling dini di peroleh seorang anak dari keluarga untuk membentuk karakter anak. Untuk itulah sebagai ibu, seorang perempuan harus bersikap cerdas dan bijak. Salah satu cara membentuk karakter anak adalah melalui media buku dongeng.

Buku dongeng memang terdengar sesuatu yang sepele namun sebenarnya buku dongeng anak memiliki manfaat yang begitu besar. Meskipun demikian, masih banyak orangtua yang kurang paham akan hal tersebut. 

Salah satu manfaat membacakan dongeng untuk putra-putri anda ialah untuk mempererat hubungan antara orangtua dan buah hati. Selain itu, manfaat lain yang di peroleh dari membacakan buku dongeng pada anak ialah membantu membangkitkan imajinasi dan daya pikir anak.

Dunia anak-anak memang merupakan dunia imajinasi. Dengan membaca atau mendengarkan dongeng, anak dapat dengan bebas berimajinasi dan membentuk visualisasinya berdasarkan pikiranya sendiri mengenai dongeng yang di tangkapnya.

Pengalaman ini belum tentu di peroleh anak dari aktifitas menonton TV karena TV bersifat audio visual dan anak hanya akan menikmatinya sebagai sebuah hiburan semata.

Dengan membaca dongeng sendiri ataupun mendengarkan dongeng yang dibacakan, anak dapat membayangkan dan berimajinasi bagaimana latar, tokoh, dan segala sesuatu yang ada dalam cerita tersebut. Dari aktifitas ini akan mampu mengasah kreatifitas pada anak.

Selain sebagai media untuk membantu mengasah imajinasi dan kreatifitas anak, dongeng juga dapat membantu menanamkan etika dan nilai norma pada anak. Dari dongeng tersebut, anak dapat belajar banyak nilai penting bagi kehidupanya tanpa harus menggurui anak.

Cara tersebut akan lebih mudah tertanakam pada diri anak. Tentu saja, anda perlu selektif dalam memilih dongeng untuk mereka, yakni dongeng harus sesuau dengan usia anak, memiliki pesan moral dan nilai ketauladanan yang baik, serta tidak mengandung unsur-unsur yang dapat merusak karakter anak. 

Ada banyak sekali manfaat membaca dongeng untuk anak. Beberapa tips yang perlu diperhatikan orangtua antara lain: 

  • Pilihlah dongeng dengan tepat, tidak hanya menarik bagi anak, dongeng harus sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Selain itu, tentu harus memiliki  nilai pendidikan dan moral yang tinggi.
  • Jika anda ingin membacakan dongeng untuk anak, bacakan dengan cara semenarik mungkin, misalnya dengan intonasi yang tepat dan menarik.
  • Berikan kesempatan pada anak untuk memberikan tanggapan ataupun pertanyaan.
  • Jangan lupa untuk meminta tanggapan mereka akan dongeng tersebut dan juga menjelaskan nilai moral apa yang terkandung di dalamya.

Jadi, pada dasarnya, ada beragam manfaat dongeng bagi anak. Pertama, dongeng dapat membantu pengembangan imajinasi dan kreatifitas anak.

Dongeng juga dapat meningkatkan keterampilan anak dalam berbahasa dan untuk membangun kecerdasan emosionalnya. Selain itu aktifitas tersebut dapat membangun minat membaca pada anak sejak dini.

4 Komentar

  1. Dongeng yang paling ingat masa kecil adalah Si kancil dan Buaya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu salah satu dongeng yang tak lekang dimakan usia kang.

      Hapus
  2. Dongeng memang sangat bagus untuk menumbuhkembangkan imajinasi dan kreativitas anak. sekarang dongeng hanya bisa diperoleh anak-anak dari sekoalah atau membaca buku. Zaman kami kecil dongeng dituturkan nenek-nenek kampung menjelang tidur. Selamat malam, ananda Grilee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti seru ya bu, hal itu juga yang ingin saya lakukan lagi pada anak-anak, dlu saya juga sering di dongengkan oleh orang tua. Selamat malam juga bu hajah.

      Hapus

Posting Komentar