4 Hal Yang Harus Dibahas Bersama Pasangan Sebelum Menikah

Hal Yang Harus Dibahas Bersama Pasangan Sebelum Menikah

Hal Yang Perlu Dibahas Bersama Pasangan Sebelum Menikah - Banyak pasangan yang merasa begitu bahagia ketika akhirnya berhasil membawa hubungan mereka ke jenjang pernikahan. Ya, siapa sih yang tidak senang ketika tahu bahwa ia bisa menghabiskan sisa umurnya bersama orang terkasih? Jadi, adalah sesuatu yang wajar jika seseorang bahagia tak alang-kepalang dalam merencanakan dan mempersiapkan pernikahanya. 

Namun, sebahagia apapun dirimu dan pasangan saat ini, adalah hal yang bijak untuk tetap mengingat bahwa kehidupan dan apa yang ada di dalamnya termasuk cinta diantara kalian adalah hal yang dinamis. Dengan kata lain, jika sebelum menikah cinta selalu terasa manis dan berada pada klimaks tertingginya, bukan hal yang tak mungkin suatu saat badai menerpa cinta diantara kalian. Bukan bermaksud negative thinking sih, bagaimanapun melihat segala sesuatu dengan realistis itu penting 'kan?

Oleh karenanya, selain melakukan beragam persiapan matang untuk resepsi, cobalah untuk membahas beberapa hal berikut bersama pasangan sebelum menikah.

1. Tujuan Pernikahan

Coba bayangkan apa yang akan terjadi jika kita salah rute ketika sedang melakukan perjalanan. Selain tak kunjung sampai ke tempat yang dituju, perjalanan juga akan terasa membisankan 'kan? Nah, analogi ini menggambarkan secara tepat seputar kehidupan pernikahan lho, grils!

Dalam hidup, rumah tangga ibarat sarana pesawat untuk sampai ke negara tujuan, suami berlaku sebagai sang pilot dalam hal ini. Jadi, pastikan dirimu tidak menumpang pesawat yang salah. 

Memiliki tujuan pernikahan yang sama dengan pasangan akan membuat kita lebih menikmati setiap proses dan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan rumah tangga nantinya. Begitupun sebaliknya, tujuan yang berbeda akan menghadirkan beragam masalah. Untuk itu, coba diskusikan secara matang konsep dan tujuan pernikahan dengan pasangan sebelum menikah. 

2. Keluarga Besar Dan Orangtua

Penting untuk diingat bahwasanya menikah dengan pria tercintamu berarti kamu dan keluargamu juga 'menikahi' semua keluarga besarnya. Untuk mengantisipasi berbagai tradisi yang berbeda dalam keluarga kalian, ada baiknya untuk membahas hal ini dengan matang sebelum menikah.

Jangan sampai nantinya bahtera rumah tangga yang kamu bangun bersama si dia menghadapi banyak 'topan' yang justru datang dari pihak keluarga.

3. Anak-anak

Kehadiran anak-anak tentunya menjadi salah satu yang paling membahagiakan dalam rumah tangga kalian kelak. Namun, jangan lupa bahwa anak sejatinya adalah tanggung jawab bagi kalian. Untuk itu, ingatlah untuk membahas poin yang satu ini dengan matang sebelum menikah.

Temukan kesepakatan terkait perihal berapa jumlah anak yang diharapkan, metode pengasuhan yang akan dijalankan, dan pendidikan yang akan diberikan.

4. Karier

Seringkan mendengar cerita rumah tangga yang tidak harmonis karena suami, istri, atau justru keduanya tak bisa menyeimbangkan karier dan kehidupan rumah tangga mereka? So, the poin is: jangan menyepelekan pembahasan seputar karier ini bersama pasangan sebelum menikah untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

Post a Comment