Cara Membersihkan Wajan Gosong Dan Berkerak

Cara Membersihkan Wajan Gosong Dan Berkerak

Cara membersihkan wajan gosong dan berkerak | Peralatan dapur memiliki peranan yang amat penting dalam kegiatan di dapur. Mulai dari mempersiapkan, mengolah, memasak, dan menyajikan. Yang terpenting adalah alat untuk memasak, karena akan seperti bagaimanapun juga pasti membutuhkan alat masak. Tetapi, karena sering dipakai, kebanyakan alat masak yang kita gunakan gosong atau menghitam dibagian bawahnya. Terutama wajan karena kerap digunakan. 

Ya, alat masak yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi berada dibagian alat masak dapur. Karena sering menggunakan wajan terkadang bukan hanya untuk menggoreng, tetapi wajan juga sering digunakan untuk memasak berbagai jenis sayur. Tentu, tampilan wajan yang gosong atau hitam sangat tidak nyaman untuk dilihat. Apalagi bagi yang berjualan makanan jadi seperti gorengan, sayur, dan lain sebagainya. Seringkali tampilan wajan yang kotor akan membuat konsumen enggan membeli atau beralih ke pedagang lain.

Berikut adalah tips dan cara membersihkan wajan bagi yang kesulitan menghilangkan bekas gosong dan noda hitam pada wajan.

Tips pertama membersihkan wajan gosong adalah jangan biarkan wajan terlalu lama kotor. Jangan malas untuk mencuci bagian bawah wajan, wajan akan sulit dibersihkan ketika kotoran atau gosong pada wajan dibiarkan menempel terlalu lama. Kegosongan di akibatkan karena api terlalu besar atau jenis bahan pada wajan tersebut mudah berubah warna.

Tips kedua membersihkan wajan gosong dengan menggunakan abu gosok. Kamu bisa membelinya di warung-warung terdekat. Taburkan abu gosok dibagian yang gosong dan usap secara cepat sampai bekas hitam atau gosongnya hilang. Jangan lupa gunakan spons kawat. Spons yang terbuat dari kawat ini akan memudahkan dalam pembersihan kerak-kerak yang menempel akibat gosong tersebut.

Kerak disebabkan oleh noda hitam yang lama tidak dibersihkan segera. Noda-noda hitam akan menimbun bila dibiarkan menempel pada wajan. Kerak hitam cenderung sulit dibersihkan. Apabila sudah terlanjur berkerak tebal, amplas bagian yang berkerak tebal tersebut dengan amplas besi karat. Kamu bisa menggunakan amplas tersebut untuk menghilangkan kerak hitam bandel yang menempel pada wajan. Semoga tips cara membersihkan wajan gosong diatas dapat bermanfaat, selamat mencoba.

Post a Comment