Kenapa ya Si Kecil Mudah Sakit?

Kenapa ya Si Kecil Mudah Sakit?

Bouttface.com | Anak mudah sakit pastinya kondisi ini akan membuat para orang tua merasa panik atau takut. Mengingat sistem kekebalan tubuh anak memang tidak seperti sistem kekebalan tubuh orang dewasa. 

Biasanya faktor ini sering di kaitkan dengan faktor perubahan cuaca dan kebiasaan sang anak. Maka untuk itu sebagai orang tua mewaspadai akan hal ini sangat penting. Apalagi tidak hanya di alami pada anak usia dibawah lima tahun, bahkan anak yang menginjak bangku sekolah pun juga sering mengalami. 

Penyakit yang sering di alami oleh anak pada usia-usia tersebut yaitu batuk pilek, demam tinggi, diare, atau infeksi lainya. Meskipun demikian orang tua tak perlu terlalu terlewat khawatir jika anak mengalami hal tersebut. Mengenali gejala penyebab serta mengatasinya merupakan hal yang harus dilakukan. 

Faktor Penyebab Anak Mudah Sakit

1. Daya tahan tubuh yang rendah, sehingga sangat memungkinkan anak mudah sakit. Daya tahan tubuh ini sering dipengaruhi oleh lingkungan sekitar baik itu di dalam atau di luar. Misalnya saja pada lingkungan bermain anak, ada yang mengalami flu, maka daya tahan tubuh anak yang tidak stabil sangat memungkinkan terjangkit flu.

2. Asupan makanan yang kurang baik merupakan faktor pemicu anak mudah sakit. Anak-anak yang bersekolah sangat rentan dengan jajanan yang tidak higienis. Jajanan yang tidak higienis sangat memudahkan sekali anak mengalami gangguan pada saluran pencernaan. Tak jarang anak-anak akan mengalami penyakit diare, maag bahkan muntaber.

3. Perubahan cuaca juga menjadi faktor penyebab anak mudah sakit. Sebenarnya perubahan cuaca ini masih berkaitan dengan daya tahan tubuh anak. Namun yang menjadi faktor penyebabnya yaitu, disaat perubahan cuaca diyakini berbagai bakteri jahat akan berkembang menjadi penyakit. Apalagi anak sering sekali bermain di lingkungan yang kotor, tentu ini akan sangat memudahkan anak terjangkit penyakit. 

4. Stress dan kelelahan juga menjadi pemicu anak mudah sakit. Aktifitas anak yang padat dan tekanan yang terkadang membuat mereka stress akan mempengaruhi pada kekuatan tubuh mereka. Kekuatan tubuh anak sangat berbeda dengan orang dewasa, jadi wajar saja jika anak mudah sakit karena hal ini. 

Jika orang tua telah mengetahui apa penyebab anak mudah sakit, maka orang tua sebaiknya memberikan antisipasi serta penanganan lebih awal. 

Post a Comment