Beberapa Hal yang Harus dipertimbangkan dalam Menjalani Hubungan Beda Agama

Beberapa Hal yang Harus dipertimbangkan dalam Menjalani Hubungan Beda Agama

Bouttface.com | Agama merupakan pondasi hidup bagi orang yang beragama, termasuk di Indonesia yang cenderung menentang keras atheisme. Agama akan membentuk pribadi seseorang karena agama ikut berkontribusi dalan pendidikan seseorang, terutama pendidikan yang berasal dari keluarga. Perbedaan agama berarti perbedaan nilai. Namun, faktanya, tidak sedikit orang yang menjalani hubungan dengan orang lain yang beda agama. Menjalani hubungan beda agama bukan perkara yang mudah, karena suatu hari hubunganmu akan membentur suatu dinding tak terlihat yang disebut agama.

Agama adalah nilai atau ajaran dari Tuhan yang diberikan pada manusia. Agama sangat bermacam-macam yang masing-masing memiliki batasan tertentu yang tidak boleh di langgar. Ada beberapa hal yang harus kamu pikirkan kalau kamu menjalani hubungan beda agama dengan pasanganmu. Berikut ulasanya:

Perbedaan nilai. Kalau kamu dan pasanganmu berbeda agama, berarti kalian memiliki nilai hidup yang berbeda. Kalau sudah begini, kalian harus mencari kesamaan sebabanyak mungkin sehingga perbedaan nilai hidup kalian bisa tertutup sedikit demi sedikit. 

Pertimbangkanlah berbagai resiko. Berhubungan dengan pasangan yang berbeda agama memiliki resiko yang besar terutama kalau kamu dan pasanganmu memang serius untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan. Perbedaan agama mungkin akan menyulitkan kamu dan pasangan dan pasangan kamu dalam mendapatkan restu dari orang tua. 

Bersiaplah dengan kemungkinan terburuk. Kemungkinan terburuk dalam hubungan beda agama adalah putus karena biasanya tidak di restui oleh orang tua dan keluarga kamu. Kalau kamu dan pasanganmu memang benar-benar serius, kalian harus mencari dukungan sebanyak mungkin dari orang terdekat untuk menghindari kemungkinan terburuk. 

Banyak tantanganya. Ketika kamu dan pasangan beda agama telah berkomitmen untuk menjalani hubungan, maka kamu harus memahani bahwa ada banyak sekali tantangan yang harus kalian hadapi mulai dari masa pacaran, bahkan setelah menikah. Kamu harus mempertimbangkan semuanya agar kamu tidak menyesali keputusanmu di kemudian hari.

Menjalani hubungan beda agama adalah hak setiap orang karena setiap orang berhak atas kehidupanya masing-masing. Kalau sudah begini, keputusan ada ditanganmu karena ini adalah kehidupanmu.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama