Bagaimana Menghadapi Tetangga Jutek

Bagaimana Menghadapi Tetangga Jutek

Bouttface.com | Tinggal di sebuah hunian tidak jauh dari keterlibatan hubungan dengan tetangga. Bahkan keberadaan tetangga bisa menjadi sangat penting. Dari mulai membantu mengatasi masalah-masalah yang terjadi di dalam hunian, sampai menjadi rekan hidup. Tidak jarang dari kita yang harus berhadapan atau memiliki tetangga dengan sifat menyebalkan. Seperti memiliki sifat yang jutek dan tidak ramah. Lalu, bagaimana menghadapi tetangga yang seperti itu? Apakah harus dilawan dengan sikap yang jutek yang sama? Atau bagaimana? Menjaga silahturahmi dengan tetangga adalah hal yang sangat wajib. Maka sebisa mungkin kita harus mampu menghadapi berbagai macam sifat dari tetangga-tetangga yang ada di sekitar hunian kita. Cara yang pertama ialah dengan memberi senyuman dan sapaan saat bertemu.

Sayangnya kebanyakan dari kita akan malas memberi senyuman dan menyapa tetangga yang jutek. Padahal hal ini malah menambah situasi tidak ramah antara kita dan tetangga tersebut. Menghadapi orang yang jahat tidak perlu dengan kejahatan lagi, bukan? Begitu juga dengan tetangga yang jutek. Berilah senyuman dan sapaan bila bertemu atau berpapasan denganya. Mungkin awalnya dia akan memasang sikap yang tetap jutek, namun kemungkinan akan melunturkan sikap juteknya tersebut bila dilakukan secara rutin. Cara kedua dengan mengirim sesuatu. Sesuatu disini bisa berupa makanan buatan kamu atau oleh-oleh dari kegiatan berlibur kamu dan keluarga. 

Hal tersebut akan membuat tetangga menilai kita menghargai keberadaanya. Cara terakhir adalah dengan tidak banyak ikut camput dengan urusan tetangga. Kamu juga tidak suka bila ada tetangga yang mengurusi masalah keluarga kamu, kan? Ini juga berlaku bagi tetangga kamu. Sudah mengetahui sikapnya yang jutek, jangan membuat dia semakin jutek. Biarkan saja dia menjaga privasinya dan hindari bertanya banyak hal yang sebenarnya tidak ada hubunganya dengan kita. Pada dasarnya, adalah sebagai 'benteng' untuk memberi batasan orang lain agar tidak masuk kedalam kehidupan seorang terlalu dalam. Serta untuk menjaga diri dari sifat dan sikap orang lain yang terkadang 'seenaknya'. Semoga ulasan ini bermanfaat. 

Post a Comment