5 Masalah yang Sering Perempuan Hadapi Selama Masa Kehamilan

Masalah yang Sering Perempuan Hadapi Selama Masa Kehamilan

Bouttface.com | Kehamilan adalah masa yang paling ditunggu-tunggu bagi para perempuan yang telah berumah tangga. Tentu masa ini adalah masa yang paling membuatmu bersemangat, membayangkan seperti apa buah hatimu kelak, mempersiapkan kelengkapan bayi serta nutrisinya, dan bagaimana terharunya kamu ketika kamu dapat merasakan detak jantung lain di dalam dirimu. Tentu selain dari itu semua, kamu juga akan menghadapi beberapa masalah yang umumnya di hadapi semua perempuan selama masa kehamilan.

Seperti di lansir dari momjunction.com, berikut adalah 5 masalah yang akan sering kamu hadapi selama masa kehamilan. 

Gusi Berdarah

Ketika kammu sedang hamil, kamu mungkin akan mengalami pembengkakan dan nyeri pada gusimu, terutama disaat kamu sedang menyikat gigi. Kamu mungkin akan menyadari darah yang keluar saat kamu sedang menyikat gigi, yang mana normal terjadi karena perubahan hormon yang di sebabkan oleh kehamilanmu.

Merasa Gerah

Selama masa kehamilan, sangatlah normal jika kamu merasa gerah dan kepanasan sepanjang waktu. Meski cuaca sedang tidak terik, kamu mungkin akan sering mendapati tubuhmu berkeringat, atau merasa meriang dan panas, seperti akan terserang demam. Perubahan didalam hormonmu menyebabkan peningkatan persediaan darah ke dalam kulitmu, yang mana hal ini menyebabkan peningkatan pada suhu tubuhmu selama masa kehamilan.

Sembelit

Banyaknya perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuhmu seringkali membuatmu merasakan sembelit, atau membuatmu merasak sangat tidak nyaman saat akan bangkit dari tempat duduk. Untuk menghadapinya, pastikan bahwa kamu meminum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari. Pertimbangkan pula untuk mengkonsumsi lebih banyak cairan selama masa kehamilanmu, seperti jus buah, susu, air kelapa dan yang lainya. 

Lelah yang Berlebihan

Terkadang, kamu hanya akan menghadapi perasaan lelah yang berlebihan selama masa trimester ketiga, namun di banyak kasus, kamu juga bisa merasakanya selama masa 12 minggu pertama kehamilanmu. Banyaknya hormon yang berubah di dalam tubuhmu, menyebabkan kamu merasa kelelahan sepanjang waktu, meski kamu sudah cukup beristirahat. Pekalah terhadap tubuhmu, dan istirahatlah ketika kamu merasa lelah, hindari pula berjalan kaki terlalu sering atau melakukan kegiatan yang akan membuatmu merasa letih.

Sakit Kepala

Kamu mungkin akan sering mengalami sakit kepala ringan di beberapa minggu pertama kehamilan, sementara di beberapa kasus sakit kepala yang dialami bisa jadi lebih parah dari yang lainya. Meskipun begitu hal tersebut merupakan hal yang normal dialami para ibu selama periode kehamilan. Alasan utama kamu merasakan sakit kepala selama masa kehamilan adalah perubahan level hormon di dalam tubuhmu, untuk mengatasinya cobalah melakukan yoga ataupun tekhnik relaksasi lainya, pastikan pula kamu mendapatkan kualitas tidur yang cukup, dan mengkonsumsi air putih 2 liter sehari. 

Grils, setiap kehamilan tentunya memiliki keunikanya masing-masing, jadi tetap pastikan untuk mendiskusikan masalag yang kamu hadapi selama masa kehamilan dengan dokter atau bidan andalanmu.

Post a Comment